Wednesday, May 17, 2006

Robocam Beraksi


Postingan ini gue tulis setelah sukses presentasi Pemrograman Instrumentasi.Gue presentasi tentang Robotic Camera (ROBOCAM). Alhamdulillah robocam berjalan sesuai dengan yang gue inginkan dan lumayan terhibur temen-temen sekelas setelah melihat demo tim kita, smart home team.

Robocam saya kerjakan selama 3 bulan dengan menggunakan dana dari DIKTI yang merupakan bagian penelitian kita (smart home team). Critanya kita mendapat dana PKMT(Program Kreatvitas Mahasiswa Teknologi) untuk penelitian kita tentang smart home. Robocam merupakan bagian dari sistem monitoring di smart home. Robocam juga merupakan bagian dari tugas akhir gue tentang sistem monitoring dan kontroling berbasis web. Yaa.....skali mendayung dua tiga pulau terlewati. Satu hasil karya (robocam) untuk mata kuliah Pemrograman Sistem Instrumentaisi, Tugas Akhir 1 dan penelitian PKMT DIKTI.

Robocam adalah sebuah kamera (webcam) yang secara mekanik didesain agar dapat digerakkan dan dikendalikan dari jarak jauh, bisa dari PC atau dari remote via website. Robocam gabungan dari web camera, mikrokontroller, motor stepper, sensor infra red, sirine/alarm, dan sms kontroller. Saat ini robocam baru bisa digerakkan dari PC melalui port serial menggunakan program Visual Basic atau HyperTerminal. Untuk kendali lewat web blom terealisasi, dan tahapan itu merupakan goal dari tugas akhir gue.

Pada presentasi barusan juga gue diabadikan dengan direkam melalui shooting kamera untuk laporan program PHK-B (Program Hibah Kompetisi B) dari DIKTI juga yang berhasil di raih Departement Fisika ITB. Grogi juga gue pas presentasi. Alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar. Untuk mempersiapkan presentasi dan robocam ini, dua laporan gue yang rencana hari ini juga di kumpul blum beres. Biasa anak buah sangkuriang mengerjakan sesuatu cukup satu malam, metode SKS (Sistem Kebut Satu malam). He..he...

Oke gitu aja postingan kali ini, gue mo lanjutin bikin laporan 2 lagi yang blom kelar masih ada waktu satu jam menjelang pengumpulan...... Hiks...hiks. Skrg gue msh ngantuk berat karena semalaman bergadang :-(. There's a will, there's a way.

>>aris<<

1 Comments:

At 1:38 PM, Blogger Rizal said...

thats good. go ahead

 

Post a Comment

<< Home