Sunday, September 17, 2006

i'm the real detective


Tidak hanya di komik saja orang bisa menyingkap rahasia dibalik trik yang digunakan pelaku dalam sebuah kasus kejahatan. Di dunia nyata pun kita sebagai manusia yang hidup dalam masyarakat bisa mengatasi kasus kejahatan ataupun kasus-kasus lain dalam kehidupan ini. Semuanya memerlukan pengalaman dan trik untuk menyelesaikannya. Dan kita pun bisa bersikap sebagai detektif dalam mengatasi kasus tersebut dengan salah satunya belajar dari komik detektif yang ada.

Di komik kita kenal para detektif terkenal seperti sherlock holmes, kindaichi, conan edogawa dan yang teranyar ada kyu dan ryu dari dds. Dengan kecerdasan dan kejeniusan yang dimiliki, mereka beraksi menguak segala kasus kejahatan dan berhasil menangkap sang pelaku, bahkan membongkar motifnya sehingga pelaku bertekuk lutut dihadapannya dengan mengakui kejahatan yg mereka lakukan.Banyak hikmah dan manfaat ketika orang membaca komik detektif. Selain bisa ikut berpikir dan berlomba nengungkap trik pelaku kita juga bisa meliat setiap kasus dengan sisi psikologis dan motif pelaku. Biasanya pengarang komik membuat kasus yang memang pernah terjadi dan ada dalam kehidupan nyata. Untuk itu kita bisa belajar banyak dari setiap kasus yang ada.

Sebenarnya dalam posting kali ini gue akan menceritakan pengalaman gue sebagai seorang detektif. Sweer..... ini real dan gue jadi pahlawan di dalamnya, yaitu berhasil penangkap pelaku pencurian HP.

Malam itu, sabtu tgl 9 September 2006 sepulang dari jakarta, gue langsung ke kost dan beristirahat di kamar kost temen sambil nonton bola. Posisi kamarnya pas di depan kamar gue. Ternyata dalam kamar itu sudah ada dua orang, yaitu temen gue (Randi) yg punya kamar dan temennya (si Atep). Saya dan Randi asyik ngobrol sambil nonton sdgkn si Mr.X sudah terlelap. Waktu itu pukul 10 malam. Sesudah abis bola gue balik ke kamar dan tidur.

Paginya si Randi ngetok pintu kamar gue dan ribut karena dia kehilangan HP. Dia mau minjem HP gue untuk miscall ke HP dia. Tidak cuma HP dia yang hilang, HP temennya (Atep) juga ikut raib. Malam itu memang kondisi kamar Randi tidak di kunci dan di luar kost ada banyak sekali orang sedang nonton panggung acara 17-an. Pertama kali di miscall HP Randi aktif tetapi kemudian mati. Randi miscall dr kamarku, aku sendiri pergi ke kamar si Randi, siapa tahu HP mereka nyelip di suatu tempat. Ketika Randi sedang miscall HP nya dan ternyata aktif, temennya Randi yaitu Atep minta ijin ke kamar mandi buat kencing bentar.

Setelah proses miscalling tidak menemukan hasil, Randi lalu mengadu ke ibu kost, tetangga. Maklum orang nya emang suka bacot abis, tetapi bukan si bacot kompor mleduk lho. HP dia yang ilang ini memang baru dia beli 3bulan yang lalu pas ulang tahun dia. Jadi maklumlah klo dia ga bisa nerima begitu saja HP nya yg ilang karena blom puas makenya. Pokoknya dia ga relalah klo HP nya itu ilang pada waktu itu.

Saya sendiri mulanya berpikir kalau HP nya itu di curi oleh orang luar, karena alasan:
1. Semalam pintu kamar tidak dikunci
2. Ada banyak orang di luar kost yg bisa masuk kapan saja ke kamar2 di tempat kost kita
3. Kata ibu kost malam itu memang ada yg masuk ke kostan seperti pemulung yg biasa malam-malam nyari barang bekas seperti botol aqua dll.

Tetapi gue berpikir ulang karena selama 2 tahun ini gue dan temen2 gue gak pernah kehilangan satu barangpun di kostan. Apa benar ada orang luar yg nekat ngambil HP di kostan kami. Saya juga sering lupa untuk menutup kamar ketika tidur tetapi tidak ada barang yg ilang dari kamar.

Pagi itu si Randi masih bacot ke ibu kost dan para tetangga di halaman depan, cerita soal HP diayg ilang. Sedangkan si Atep mondar-mandir di kamar dan sesekali ke kamar mandi. Pada suatu ketika gue memergoki si Atep lagi mondar mandir di depan kamar mandi di deket sebuat tempat open roti. Gue perhatikan terus gerak-gerik si Atep dari atas, karena kamar mandi tempatnya di bawah dan terliat dari kamar gue. Gue ngambil handuk tuk mandi dan memutuskan tuk mandi, karena semalam ga mandi jd badan ga enak. Sebelum sampai ke kamar mandi gue hentikan langkah gue dan memperhatikan si Atep lg clingak-clinguk di depan open roti, rupanya dia ga tahu ke datangan gue untuk beberapa saat, setelah itu dia baru nyadar dan nengok ke gue. Langsung aja gue bekap dia, dengan mendekap lehernya dari belakang, persis seperti di film ketika polisi nangkap penjahat. Padahal gue blom punya bukti untuk menuduh dia sebagai pelaku, tetapi insting detektif gue mengatakan itu.

Sambil bekap si Atep, si Randi yang lg asyik mbacot di halaman gue panggil. Gue bilang ke Randi " Ran, coba liat apa yang ada dalam open". Kemudian Randi menemukan 2 buah HP, HP dia dan HP si Atep. Gue bilang ke Randi, bahwa yang menyembunyikan HP loh si Atep temen lho sendiri. "Klo mau dibuktikan ayo kita ke halaman biar disaksikan oleh ibu kost dan para tetangga" kataku. Si Randi minta agar melepaskan bekapan gue ke si Asep, dia bilang "Ga usah deh, ini temen sendiri ga enak" Ya udah karena permintaan dia gue lepasin dia dan di bawa ke kamar. Wah... gara2 kebaikan si Randi ke temenya, gue batal tuk buktiin bahwa dia pelakunya dengan argumen2 genius gue dan membuat si Atep bertekuk lutut di hadapanku dengan mengakui segala kejahatan dan membongkar motif kejahatan yang ada.

Meniru gaya si kyu, ada 3 pentunjuk bahwa si Atep (foto di atas) pelaku pencurian HP.
1. Si Atep tidur duluan malam itu agar bisa bangun tengah malam dan menjalankan aksinya
2. Saat Randi pertama kali miscall HP nya posisi si Atep ada di deket kamar mandi dengan kenyataan bahwa HP tersebut ada disitu.
3. Dia tahu bahwa di open ada HP dan dia diam saja sebelum gue pergokin dia lagi mondar-mandi di deket kamar mandi persisnya di depan open roti.

Analisis gue begini, ini semua berdasarkan insting detekfif gue:

Malam itu sengaja si Atep tidur sore untuk bisa bangun di malam hari dan melakukan aksinya. Rencana trik jahat sudah di susun semenjak dia main dan nginep di kamar kostnya si Randi, Sudah 4 kali tidur dan tidak terjadi apa-apa, ini untuk menjaga kepercayaan Randi ke dia, sehingga tidak tidak sedikitpun menuduh bahwa dia yang melakukan pencurian. Ketika saat yg di tunggu tepat dia menjalankan aksinya.

Kata si Randi pagi itu, memang Atep yang bangun duluan dan dan pertama kali yang tahu HP mereka ilang adalah si Atep juga, ini memang trik dia agar si Randi mengetahui bahwa HP mereka ilang di curi orang luar dan menjelaskan bahwa dia memang tidak punya alibi sebagai pencuri.

Tetapi dia melakukan kecerobohan yaitu lupa mengambil SIM card HP Randi, cuma SimCard HP dia aja yang disimpen. Sehingga ketika Randi miscall dia buru-buru ijin mau ke kamar mandi untuk sengaja mematikan HP Randi, sehingga tidak bisa di miscall lagi.

Memang dia cerdik dan punya trik serta rencana yang matang, tetapi sekali lagi dia ceroboh. Ketika dia hendak memindahkan kedua HP ke tempat lain yang lebih aman, ketahuan ama gue. Keberadaan gue hari itu tidak dia perhitungkan sama sekali, dan dia tidak tahu, siapa sebenarnya gue ini :-D

Ada beberapa hikmah yang dapat kita ambil pelajaran dari kejadian di atas:
1. Ketika terjadi kasus kejahatan apa aja. Fokuskan penyelidikan dan analisis ke temen deket atau temen disekitar korban, sebelum melakukan penyelidikan ke orang luar.
2. Setiap kejahatan pasti ada motifnya karena orang melakukan sesuatu pasti dimulai dari niat.

Nah.......... itu lah cerita pengalaman nyata gue. Sepintas gue bisa nangkap pelaku karena kebetulan gue pergokin dia, tetepi klo ga ada insting detektif, mana berani gue mencekal pelaku tanpa barang bukti sedikitpun sebelumnya.

So, I'm a real detective now. If you are a crime don't make a problem with me. Okee........... I'm Kazuma Naruwa, the genius detective with the best programming skill.

3 Comments:

At 1:06 PM, Blogger Johan Ardian said...

Siip lah,
jadi kira-kira siapa yang ngambil MP3 nya Kazuma Naruwa tahun lalu :-D

(eits, jangan2 sy dicurigai... tapi beneran mas, bukan saya pelakunya ... :-D )

...jojo...

 
At 4:14 PM, Blogger Aris Sp said...

Nah, itu Jo. Klo kasus itu asli gue ga punya data tuk di analisa.Gue msh blank banget. Tapi gue yakin yg ngambil orang-orang yang ga jauh dari gue di elka. Termasuk anak2 elka, kbk lainya, anak fisika termasuk berit-berit elka :-P

 
At 7:16 PM, Anonymous Anonymous said...

This comment has been removed by a blog administrator.

 

Post a Comment

<< Home